AIR BERSIH

Sebagian besar bumi terdiri dari air, namun demikian hanya sebagian kecil dari volume air yang ada yang dapat digunakan secara langsung untuk di konsumsi manusia, ketersediaan Air Bersih tergantung dari kondisi lingkungan alam.

Khususnya untuk daerah perkotaan yang padat pemukiman penduduk, kondisi alam banyak mengalami perusakan dan tidak sesuai fungsinya lagi, misalnya kutipan media online, banyaknya pemukiman di bantaran sungai ciliwung dari hulu ke hilir (dikutip kompas online 03/02/2014), berita lainnya ketika daerah resapan air dijadikan perumahan elit (dikutip kompas 12/02/2015), dan pemberitaan lainnya saluran yang tersumbat sampah kabel.

AIR BERSIH

Keadaan ini diperburuk dengan banyaknya pemukiman penduduk yang liar yang tumbuh secara acak, sporadis dan tidak tertata.
Untuk pasokan Air Bersih kebanyakan masyarakat yang tidak mampu masih menggunakan sumur dangkal atau sumur bor / dalam, tanpa menyadari bahwa sebagai akibat dari sistem sanitasi yang kurang baik itu, Air Bersih yang dikonsumsi tidak memenuhi standar kesehatan yaitu tidak keruh, tidak bewarna, tidak berbau, jernih, rasa tawar, derajat keasaman kisaran 7, bebas bakteri patogen, suhu normal, bebas zat kimia, bebas bakteri patogen.

Kerusakan lingkungan ini akan berdampak pada potensi ketersediaan air tanah, khususnya jika pembangunan pemumgkiman itu terletak di daerah resapan air. Hal ini menyebabkan kehilangan daya serap air, sehingga air hujan yang turun tidak dapat diserap oleh air, tetapi mengalir di permukaan tanah menuju selokan atau sungai dan kemudian mengalir ke laut.

Jika hal ini terjadi dalam waktu yang lama akan terjadi banjir, longsor dan intrusi air laut, yang pada akhirnya akan berdampak pada kondisi tanah yang kering dan tandus, sehingga akan mengganggu keseimbangan ekosistem yang berpengaruh pada daur ulang hidrologi.

Daerah pemukiman padat memiliki sarana sanitasi yang buruk, banyak air yang dikonsumsi berasal dari sumur dalam terkontaminasi dengan bakteri yang biasanya banyak dijumpai di limbah rumah tangga.

Pengganti air tanah yang dikonsumsi, kita dapat memamfaatkan volume hujan untuk menggantinya, hal ini diperlukan sikap keperdulian dan usaha kita untuk merawatnya untuk generasi yang akan datang.

air bersih

Salah satu cara meresapkan air hujan pada daerah tangkapan air hujan dengan menggunakan konstruksi buis beton untuk menampung dan mengalirkan air hujan kembali ke dasar saluran (ke dalam tanah).

Aneka Alam Abadi memproduksi sumur resapan fungsi untuk meresapkan air tanah ke dalam tanah.
Produk buis beton hasil produksi pabirk Aneka Alam Abadi, terbuat dari bahan-bahan alami seperti pasir, split dan semen, selain itu buis beton kokoh dan kuat terhadap daya dorong dari luar (external), tahan perubahan cuaca.

Informasi produk buis beton, hub. 0856 937 597 38 (WhatsApp), dan pengiriman GRATIS wilayah Jakarta dan sekitarnya.